Selasa, 5 Desember 2023

Ini Pesona Pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023

Zulkifli Fahmi
Jumat, 22 September 2023 16:44:00
Penganugerahan sepuluh besar desa wisata terbaik di Jawa Tengah (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan penganugerahan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023.

Dalam acara di Hotel Surya Yudha, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis (14/9/2023) itu diumumkan para pemenang Desa Wisata.

Dikutip Murianews.com dari laman resmi Disporapar Jateng, semula ada 31 peserta yang mengikuti Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023. Kemudian, dipilih 10 besar desa wisata terbaik. Dari 10 besar itu kemudian dipilih tiga pemenang dan tiga pemenang harapan.

Ada pun profil singkat tiga pemenang Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023 sebagai berikut.

1. Desa Wisata Pandanrejo - Kabupaten Purworejo

Pemandangan sunset di puncak Gunung Gajah Pandanrejo yang menjadi salah satu daya tarik Desa Wisata Pandanrejo, Purworejo, Jawa Tengah. (Instagram/@gununggajahpandanrejo)

Desa Wisata Pandanrejo atau Dewa Pandan merupakan desa di kawasan Perbukitan Menoreh. Lokasinya di Perbatasan DIY-Jateng.

Dewa Pandan, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo memiliki potensi wisata yang menarik dari segi sosial budaya, ekonomi, dan alam.

2. Desa Wisata Paranggupito - Kabupaten Wonogiri

Pantai Sembukan Paranggupito yang menjadi salah satu pesona Desa Wisata Paranggupito Kabupaten Wonogiri. (Instagram/@paranggupito_ngangeni)

Desa Wisata Paranggupito merupakan desa di ujung selatan Kabupaten Wonogiri. Lokasinya berada di antara perbatasan Jawa Timur di sisi timur dan perbatasan DIY di sisi barat.

Desa Wisata Paranggupito memiliki potensi wisata yang berbasis pada alam, budaya, dan buatan.

3. Desa Wisata Kampus Kopi (Desa Banyuanyar) – Kabupaten Boyolali

Kenduri Kopi di bawah rindangnya kebun kopi menjadi salah satu andalan wisata edukasi di Desa Wisata Kampus Kopi Banyuanyar, Boyolali. (Instagram/@visit.banyuanyar)

Desa Wisata Banyuanyar di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali mengandalkan wisata edukasi. Di desa ini memiliki beragam produk alam, seperti kopi dan jahe. Di sana juga terdapat peternakan sapi.

Potensi-potensi yang ada itu kemudian diolah menjadi sebuah produk dan dikombinasikan dengan budaya setempat. Potensi ini tersebar di sembilan dukuh desa tersebut. Pengunjung bisa belajar tentang potensi di sana.

Komentar