Rabu, 21 Februari 2024

Desa Wisata Bangsri Blora Masuk 15 Besar Lomba DWN

Nathan
Jumat, 24 November 2023 15:31:00
Suasana Desa Wisata Bangsri di Kabupaten Blora. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Blora – Desa Wisata Bangsri, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora sukses menembus 15 besar Lomba Desa Wisata Nusantara (DWN) 2023.

Berdasarkan prestasi itu, Kepala Desa Bangsri Laga Kusuma diundang untuk menghadiri puncak acara apresiasi Lomba DWN 2023 di Lombok NTB, Jumat (24/11/2023) malam nanti.

Desa Wisata Bangsri mulai dikembangkan saat Laga Kusuma menjabat sebagai kepala desa. Ia menyulap area persawahan menjadi tempat wisata yang mengasyikkan.

Wisata ini berada di atas lahan seluas 1,8 hektare. Tempat wisata ini kemudian diberi nama Noyo Gimbal View.

Noyo Gimbal View menawarkan pemandangan areal persawahan yang indah. Tak hanya itu, di sana juga wahana edukasi pertanian organik dan kesejarahan.

Laga menjelaskan, konsep wisata buatan di desanya itu memang memadukan banyak hal. Dimulai cerita sejarah dan cagar budaya bahwa di Desa Bangsri merupakan napak tilas perjuangan melawan penjajahan dengan tokoh utama bernama Noyo Gimbal.

”Kemudian pengunjung juga bisa menikmati wahana edukasi seperti bisa bercocok tanam dan memetik hasil panen tanaman holtikultura seperti kangkung dan jenis sayuran lain,” kata Laga,Jumat (24/11/2023).

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat pertanian organik dalam wujud minapadi. Yakni sistem bercocok tanam padi yang memadukan perikanan.

”Pengunjung juga bisa memberikan makan ikan, berinteraksi, dan pastinya menikmati kesejukan udara,” tutur Laga.

Laga menjelaskan, pengembangan desa wisata itu dilakukan untuk meningkatkan kesejahtaraan desa dan masyarakat. Karena menarik wisatan dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Setidaknya ada ratusan warga yang terlibat dalam pengembangan ini.

”Para petani, pelaku UMKM, dan jaringan-jaringan lain yang mendukung berjalannya Noyo Gimbal View,” pungkas Laga.

Perlu diketahui, sebelum dibangun wisata Noyo Gimbal View, Laga juga pernah membranding desa Bangsri sebagai desa wisata Kampung Pelangi.

Bupati Blora Arief Rohman mengapresiasi prestasi itu. Dikatakan untuk kategorinya Desa Wisata Nusantara desa berkembang.

”Mohon doanya semoga desa wisata Bangsri bisa meraih juara dan menginspirasi desa-desa lainnya di Blora,” tandasnya.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar

Travel Terkini