Rabu, 21 Februari 2024

Nataru, Ribuan Wisatawan Sudah Booking Piknik ke Karimunjawa

Faqih Mansur Hidayat
Sabtu, 2 Desember 2023 15:08:00
Ilustrasi wisata ke Karimunjawa. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Murianews, Jepara – Pesona Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah masih menjadi incaran bagi pelancong untuk menikmati momen libur natal dan tahun baru (Nataru). Tiga pekan jelang momen itu tiba, sudah ada seribuan wisatawan yang memesan atau booking untuk berlibur ke Karimunjawa.

Ketua Perkumpulan Biro Wisata Karimunjawa (PBWK) Sudarmono mengatakan, saat ini para pelaku wisata sudah disibukkan dengan pesanan-pesanan wisatawan yang akan masuk ke Karimunjawa. Sebagian besar calon wisatawan juga sudah meminta untuk dicarikan tempat penginapan.

”Permintaan sudah banyak. Sementara ini kira-kira sudah ada seribuan calon wisatawan yang sudah booking. Penginapan hampir penuh,” kata Sudarmono saat dihubungi Murianews.com, Sabtu (2/12/2023).

Seperti diketahui, momen libur Nataru merupakan salah satu puncak kunjungan wisatawan di Karimunjawa. Wisatawan domestik maupun mancanegara dipastikan akan memadati pulau tersebut.

Untuk menghadapi libur Nataru, para pelaku wisata di Karimunjawa sudah menyiapkan berbagai hal. Mulai dari fasilitas hingga pelayanan bagi calon wisatawan.

Kepada calon wisatawan, Sudarmono menyampaikan bahwa saat ini sampai libur Nataru kondisi cuaca di Karimunjawa tidak bisa dipastikan. Berkaca pada tahun lalu, pada libur Nataru ada lebih dari 400 wisatawan yang tertahan cuaca buruk.

Saat itu, wisatawan harus bertahan hidup beberapa hari di Karimunjawa karena kapal penyeberangan mereka tak bisa menerjang laut dengan cuaca buruk. Akhirnya, mereka dievakuasi dengan KM Kelimutu menuju Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

”Kita sampaikan kepada calon wisatawan tentang risiko berlibur ke Karimunjawa saat musim baratan seperti ini. Supaya mereka tidak kaget dengan kondisi buruk yang mungkin terjadi. Seperti tahun lalu umpamanya,” jelas Sudarmono.

Terlepas dari hal itu, Sudarmono mengakui bahwa minat wisatawan untuk berlibur ke Karimunjawa. Pihaknya memperkirakan pada libur Nataru nanti kunjungan wisatawan bisa menembus lebih dari dua ribu wisatawan.

Editor: Dani Agus

Komentar

Travel Terkini