Rabu, 21 Februari 2024

Tiga Desa Wisata Jateng Raih Penghargaan Kampanye Sadar Wisata

Dani Agus
Rabu, 29 November 2023 22:46:00
Tiga desa wisata Jateng jadi pemenang Kampanye Sadar Wisata 5.0. (visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Murianews, Kudus – Ada banyak program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mengangkat potensi desa wisata di tanah air. Salah satunya adalah program Kampanye Sadar Wisata 5.0.

Apresiasi bertujuan agar para pegiat usaha di desa-desa wisata termotivasi untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Pihak Kemenenparekraf sudah mengumumkan sejumlah desa wisata yang menjadi pemenang program Kampanye Sadar Wisata 5.0 pada Minggu (26/11/2023).

Ada lima kategori pemenang pada program tersebut. Yaitu, Kepala Desa atau Lurah Terbaik, Local Champion Terbaik, Diseminasi Sadar Wisata, Inovasi Produk dan Pemasaran, dan Kelembagaan.

Melansir dari laman Visitjawatengah, Rabu (29/11/2023), dari kelima kategori tersebut, Desa Wisata Jawa Tengah berhasil menyabet 3 kategori. Masing-masing, kategori Local Champion Terbaik diraih oleh Ahmad Mundofar Ersyidik dari Desa Wisata Candirejo (Kabupaten Magelang), Juara 2 Kategori Diseminasi Sadar Wisata didapatkan oleh Desa Wisata Bugisan (Kabupaten Klaten), dan Juara 3 Kategori Inovasi Produk dan Pemasaran dimenangkan oleh Kampung Wisata Mendut (Kabupaten Magelang).

Berikut profil sekilas ketiga desa wisata pemenang Kampanye Sadar Wisata 5.0 itu:

Desa Wisata Candirejo

Dikutip dari jadesta.kemenparekraf,go.id, Desa Wisata Candirejo adalah sebuah destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Desa Wisata Candirejo memiliki beragam atraksi dan kegiatan yang menarik, antara lain kunjungan ke home industry makanan dan kerajinan seperti membuat tempe, keripik tempe, slondok, pahat batu, anyam tas srengkot dan lain-lain;  kegiatan pertanian yang unik, seperti cabut singkong, memanen hasil pertanian, atau berkenalan dengan sistim pertanian yang ada di Desa Wisata Candirejo; menjelajahi desa dengan bersepeda maupun dokar;  dan menikmati pertunjukan tarian tradisional Jawa yang dilakukan oleh warga desa.

Kampung Wisata Mendut

Kampung Wisata Mendut terletak di Kelurahan Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Kampung ini menawarkan paket wisata edukasi pertanian, mulai dari proses penanaman padi, tanam hingga menjadi beras. Dengan demikian dapat menanamkan pemahaman kepada anak-anak dalam menghargai makanan. Selain wisata edukasi, wisatawan juga dapat menyaksikan kesenian tradisional tari topeng ireng yang dinamis dan penuh semangat. Ada juga batik canting mendut dengan motif batik yang khas seperti batik motif sungai elo progo, rambutan, kembang setaman, daun palem, dan daun bodhi.

Desa Wisata Bugisan

Dikutip dari jadesta.kemenparekraf.go.id, Desa Bugisan terletak di wilayah Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten yang berbatasan dengan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Desa Bugisan memiliki peninggalan sejarah berupa bangunan candi yang dikenal dengan Candi Plaosan. Dengan konsep peninggalan budaya, desa wisata Bugisan menawarkan pengalaman berkeliling desa menggunakan sepeda, mencoba banyak permainan tradisional, dan datang langsung ke usaha rumahan pembuatan emping. Pengunjung juga bisa makan malam dengan masakan khas pedesaan sambil menyaksikan tarian tradisional.

Komentar

Travel Terkini